KONSEP KERJA PROTOKOLER SERVER SOFTSWITCH , KD 7 Teknologi Layanan Jaringan


Konsep Kerja Protokoler Server Softswich



Pengertian Softswitch (software switch) adalah perangkat utama dalam jaringan telekomunikasi yang menghubungkan panggilan telepon dari satu saluran telepon kesaluran telepon lain melalui jaringan telekomunikasi atau Internet publik. Seluruh sambungan tersebut menggunakan perangkat lunak yang berjalan pada sistem komputer tujuan umum. Dengan kata lain Softswitch menghubungkan antara jaringan sirkuit yang ada dengan jaringan paket. Jaringan tersebut meliputi jaringan telpon tetap (PSTN), internet yang berbasis IP, kabel TV dan juga jaringan seluler (GSM).


A. Pengertian VoIP (Voice over Internet Protocol)



VoIP adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet dalam proses komunikasinya suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data, dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa, dengan arti lain VoIP dapat didefinisikan suara yang dikirim melalui protokol internet (IP).
Kebutuhan Perangkat VoIP
X-Lite :Sebagai softphone untukmemanggil/ menerimatelepon
IP Phone : SebagaiHardphoneuntukmemanggildanmenerimatelepon
Briker : Sebagai operating sistem VoIP
Server : Sebagaipusatpengolahan data padajaringan VoIP
Modem : Sebagaikoneksiapabila server VoIP adadijaringan internet

B.  KonsepKerja Server Softswitch

Softswitch adalah suatu alat yang mampu menghubungkan antara jaringan sirkuit dengan jaringan paket, termasuk di dalamnya adalah jaringan telpon tetap  (PSTN), internet yang berbasis IP, kabel TV dan juga jaringan seluler yang telah adas elamaini. Softswitch merupakan sebuah sistem telekomunikasi masa depan yang mampu memenuhi kebutuhan pelanggan yaitu mampu memberikan layanan triple play sekaligus dimana layanan ini hanya mungkin dilakukan oleh sistem dengan jaringan yang maju seperti teknologi yang berbasis IP.


C. Kebutuhan perangkat VOIP
Hal yang menarik tentang VOIP adalah banyaknya cara untuk melakukan panggilan. Saat ini ada 3 jenis metode yang berbeda yang paling sering digunakan untuk melakukan layanan VOIP, yaitu :

A. ATA (Analog Telephone Adaptor)
ATA (Analog Telephone Adaptor) : memungkinkan kita untuk menghubungkan pesawat telepon biasa ke komputer atau disambungkan ke internet untuk dipakai VOIP. ATA adalah alat pengubah sinyal dari analog menjadi digital. Cara kerjanya adalah mengubah sinyal analog dari telepon dan mengubahnya menjadi data digital untuk di transmisikan melalui internet.
B. IP Phones
IP Phones : IP phones menghubungkan dari telepon ke router, dan didalam IP Phones sudah ada semua perangkat keras maupun lunak yang sudah terpasang didalamnya yang menunjang melakukan pemanggilan IP.
C. Computer to computer
Merupakan cara yang paling mudah untuk melakukan panggilanVoip. Yang harus kita siapkan hanyalah software, mikrofon, speaker, soundcard dan koneksi internet.




Dengan peralatan diatas kita sudah bisa membuat panggilan Voip, seberapa jauhpun jaraknya tidak menjadi masalah asal memiliki komponen seperti disebutkan diatas dan tentunya koneksi internet.


KonsepKerja Server Soft switch

Softswitch merupakan kumpulan dari beberapa perangkat protokol dan aplikasi yang memungkinkan perangkat-perangkat lain dapat mengakses layanan telekomunikasi atau internet berbasis jaringan IO, dimana seluruh prosesnya dilakukan dengan menjalankan software pada suatu sitem komputer.
Softswitch adalah suatu alat yang mampu menghubungkan antara jaringan sirkuit dengan jaringan paket, termasuk di dalamnya adalah jaringan telpon tetap (PSTN), internet yang berbasis IP, kabel TV danjugajaringanseluler yang telahadaselamaini.
Softswitch merupakan sebuah sistem telekomunikasi masa depan yang mampu memenuhi kebutuhan pelangganya itu mampu memberikan layanan triple play sekaligus dimana layanan ini hanya mungkin dilakukan oleh sistem dengan jaringan yang maju seperti teknologi yang berbasis IP.
Bagian yang paling kompleks dalam suatu sentral lokal adalahbagian software yang mengatur call processing. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menciptakan suatu alat yang dapat menyambungkan komunikasi suara (voice) dalambentukpaket maupun circuit. Industri pertelekomunikasian menyimpulkan cara yang terbaik adalah dengan memisahkan fungsi call processing darifungsi switching secarafisikdanmenghubungkankeduanyamelaluisuatu protocol standartersendiri.

Arsitektur Fungsi Softswitc
Management Plan
Management Plan menangani fungsi seperti berlangganan dan ketetapan jasa/layanan, dukungan operasional, penagihan dan tugas manajemen jaringan lainnya seperti informasi billing.

Service & Application Plan
Service & Application Plan menyediakan kendali, logika dan pengeksekusi satu atau lebih jasa/layanan atau aplikasi di dalam suatu jaringan VoIP. Perangkat-perangkat di dalam control plan ini mengendalikan jalannya suatu panggilan berdasarkan layanan/jasa pengeksekusi logika melalui komunikasi dengan perangkat di dalam Call Control & Signaling Plan. 


Call Control & Signaling Plan
Call Control & Signaling Plan mengontrol elemen utama pada jaringan VoIP, khususnya pada Transport Plan. Perangkat dan fungsi dalam plane ini menyelesaikan kendali panggilan berdasarkan pesan yang diterima dari Transport Plan dan menangani pembangunan dan pemutusan koneksi media antar jaringan VoIP oleh komponen pengendalian dalam Transport Plan.

Transport Plan
Transport plan bertanggungjawab untuk pengirirman pesan antar jaringan VoIP. Pesan ini dapat berupa call signalling, call dan media set up atau media. Transport plan dibagimenjaditigadaerah : IP Transport Domain, Interworking Domain, dan Non-IP Access Domain.
ArsiterkturJaringan
  1. Application Server
    Application Server merupakanentitaspengeksekusiaplikasi. Peranutama Application Server adalah untuk menyediakan logika layanan daneksekusiuntukbeberapaaplikasidanlayanan, contohnyaseperti features, OSS, NMS.
  2. MG (Media Gateway) 
    Media gateway berfungsisebagaielemen transport untuk merutekan trafik dalam jaringan softswitch danjugamengirimataumenerimatrafikdarijaringan lain yang berbeda, seperti PSTN,PLMN, VoIP H.323, danjaringanaksespelanggan.
  3. SG (Signalling Gateway) 
    Signaling gateway sebagaigerbangantarajaringan signal SS7 dengan node-node lain pada jaringan IP yang dikontrololehsoftswitch.
Arsitektur Layer
  1. Application Layer
    Application Layer merupakan bagianjaringan yang menyediakan dan mengeksekusi satu atau beberapaaplikasilayanan di dalamIMS.Application Layer jugamengontrol Media Server yang memberikanfungsiseperti conference, IVR, tone processing. Protokol yang diterapkanantaracontrollayerdanapplicationlayeradalah SIP.
  2. Control Layer
    Control Layer merupakanbagianjaringan yang berfungsisebagaipengendali proses pembangunan danpemutusanhubungan yang melibatkanelemen-elemenjaringanpada layer yang lain berdasarkan signaling message yang diterimadari Transport Layer.
  3. Transport Layer
    Transport Layer merupakanbagianjaringan yang berfungsisebagai media transport bagi semua message dijaringan, seperti:call signaling, call & media setupatauinformasi voice ataudatanyasendiri.

Komponen – komponensoftswitch
1. Gateway Controller (GC) berfungsiuntukmengontrolsemuasesilayanandankomunikasi, mengaturinteraksielemen-elemenjaringan yang lain.
2. Signaling Gateway (SG) suatujembatanantarajaringan SS7 denganjaringan IP dibawah kendali dari MGC.SG hanya menanganipensinyalan SS7
3. Media Gateway (MG) berfungsi sebagai elemen transport untuk merutekan trafik dalam jaringan softswitch dan jugamengirimataumenerimatrafikdarijaringan lain yang berbeda
4. Feature Ser (FS) menggunakansumberdayadanlayanan yang terkaitdengankomponen yang lainpadvera softswitch tersebut.
5. Media Server (MS) fungsinyayakni, untukmemperkaya softswitch dengankemampuan media. Misalnyayakniuntukmenanggapi responsuara, tugasituakandilakukanoleh media server.
ProtokolPesinyalanSoftswitch
Terdapat 4 kategoripadajaringansoftswitch, yaitu :
  1. Protokolpengontrolpanggilanatau VoIP Signalling
  2. Protokolpengontrol Media Gateway atau Media
  3. Protokol transport atau MGC Controller
  4. ProtokolSignalling Gateway atau SG Controller
Cara KerjaSoftswitch
Softswitch ,Ketikapelanggan gateway danteleponIpmengirimkansinyalsatusama lain dalamjaringanpaketdenganmenggunakanprotokolIpteleponiseperti H.323 atau SIP. Setelahsinyalditerima softswitch akanmengidentifikasikanpanggilan yang masukapakahberasldarijaringan PSTN atauJaringan IP . Jikadipanggilmenggunakanjaringan IP, softswitchakanmenginstrusikan originating customer gateway dan    terminating customer gateway untukmerutekan packetized vice stream secaralangsung. Softswitchmengontrolpembentukan (setup) danpemutusan (release)panggilandaridankepelanggandansekaligusmengaturhubunganpelanggantersebutdengan internet secarasimultan.



Source :
https://tentangkomunikasidata.blogspot.com/2017/10/konsep-kerja-protokoler-server-softswich.html


1. Softswitch adalah singkatan dari...
    a.Software Witcher
    b.Softure Switch 
    c.Software Switch
    d.Softener Witches
    e.Software wirelers

2. Softphone untuk memanggil/menerima telepon adalah...
    a.Modem
    b.X-Lite
    c.IP Phone
    d.Briker
    e.Server

3. Yang merupakanbagianjaringan yang berfungsisebagai media transport bagi semua message                dijaringan adalah...
    a.Application Server
    b.Control Layer
    c.Media Gateway
    d.Application Layer
    e.Transport Layer

4. Komponen yang berfungsi sebagai elemen transport untuk merutekan trafik dalam jaringan                 softswitch dan juga mengirim atau menerima trafik dari jaringan lain yang berbeda...
    a.Media Gateway
    b.Gateway Controlle
    c. Feature Ser
    d.Signaling Gateway
    e.Media Server

5. Komponen yang menggunakan sumber daya dan layanan yang terkait dengan komponen yang lainpadvera softswitch adalah ...
    a.Media Gateway
    b.Gateway Controlle
    c. Feature Ser
    d.Signaling Gateway

    e.Media Server


PERTANYAAN
1. Apa yang dimaksud denganSoftswitch?
2. Sebutkan kebutuhan perangkat VoIP!
3. Sebutkan fungsi softswitch sebagai Management Plan!
4. Sebutkankomponen-komponen softswitch dan jelaskan!
5. Sebutkan 4 kategori protocol pada jaringan softswitch!
JAWABAN
1. Softswitch (software switch) adalah perangkat utama dalam jaringan telekomunikasi yang menghubungkan panggilan telepon dari satu saluran telepon kesaluran telepon lain melalui jaringan telekomunikasi atau Internet public.
2. Kebutuhan perangkat VoIP :
  1. ATA (Analog Telephone Adaptor)
  2. IP Phones
  3. Computer to computer
3. Management Plan menangani fungsi seperti berlangganan dan ketetapan jasa/layanan, dukungan operasional, penagihan dan tugas manajemen jaringan lainnya seperti informasi billing.
4. Fungsi softswitch sebagai management plan :
  1. Gateway Controller (GC) berfungsi untuk mengontrol semua sesi layanan dan komunikasi, mengatur interaksi elemen-elemen jaringan yang lain.
  2. Signaling Gateway (SG) suatu jembatan antara jaringan SS7 denganjaringan IP dibawah kendali dari MGC.SG hanya menangani pensinyalan SS7
  3. Media Gateway (MG) berfungsi sebagai elemen transport untuk merutekan trafik dalam jaringan softswitch dan juga mengirim atau menerima trafik dari jaringan lain yang berbeda
  4. Feature Server (FS) menggunakan sumber daya dan layanan yang terkait dengan komponen yang lain pada softswitch tersebut.
  5. Media Server (MS) fungsinya yakni, untuk memperkaya softswitch dengan kemampuan media. Misalnya yakni untuk menanggapi respon suara, tugas itu akan dilakukan oleh media server.
5. 4 kategori pada jaringan softswitch, yaitu :
  1. Protokol pengontrol panggilan atau VoIP Signalling
  2. Protokol pengontrol Media Gateway atau Media
  3. Protokol transport atau MGC Controller
  4. Protokol Signalling Gateway atau SG Controller


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Struktur Kabel Fiber Optik , Pengertian , bagian-bagian , Kelebihan dan kekurangan

Tugas 40 soal TLJ beserta kunci jawaban

KEBUTUHAN BEBAN/BANDWITH JARINGAN , KD 6 MAPEL TEKNOLOGI LAYANAN JARINGAN