KEBUTUHAN BEBAN/BANDWITH JARINGAN , KD 6 MAPEL TEKNOLOGI LAYANAN JARINGAN


Kebutuhan Beban/Bandwith Jaringan


Prosedur dalam menghitung berat bandwidth berhubungan erat dengan jenis aplikasi yang dijalankan dalam jaringan dan performa service level agreement atau SLA untuk aplikasi-aplikasi tersebut misalnya pada sebuah aplikasi ditetapkan memiliki kekuatan transfer data 200.000 BPS, hasil perhitungannya 125.000.000/200.000=625 Mbps. Jika jaringan tersebut cukup memadai dan dalam kondisi normal 100 user konkuren (terkoneksi terus menerus) bukan menjadi halangan.

1. Pengertian Bandwidth

Bandwidth adalah suatu nilai konsumsi transfer data yang dihitung dalam bit per detik atau yang biasanya disebut dengan bit per second (bps) , antara server dan client dalam waktu tertentu. Bandwith dapat didefinisikan sebagai kapasitas luas atau lebar cakupan frekuensi yang dipakai oleh sinyal dalam media transmisi. Jadi dapat disimpulkan bandwith yaitu kapasitas maksimum dari suatu jalur komunikasi yang dipakai untuk mentransfer data dalam hitungan detik. Fungsi bandwidth yaitu untuk mengitung transaksi data.
Bandwith disajikan sebagai ukuran dari banyaknya informasi atau data (bit) yang dapat dikirim dari suatu tempat ke tempat lainnya dalam satu detik. Satuan yang digunakan dalam bandwidth adalah BPS atau bit per second konsep web yang memiliki kelemahan utama, yaitu tidak dapat menghitung berdasarkan kondisi jaringan yang. Bandwidth bisa digunakan untuk mengukur aliran data analog maupun aliran data digital.
Kecepatan akses internet dapat diukur dari lebar pita (bandwidth) sebagai ukuran dari besarnya kapasitas untuk pemindahan atau transfer data internet yang dimiliki maka kecepatan aksesnya semakin besar.
Bandwidth terbagi menjadi 2, yaitu :
      a)   Bandwidth Digital adalah jumlah atau volume sutu data (dalam satuan per detik (bps)) yang dapat dikirimkan melaui sebuah saluran komunikasi tanpa adanya distorsi.
      b)  Bandwidth Analog adalah perbedaan antara frekuensi terendah dan frekuensi tertinggi dalam sebuah rentang frekuensi yang diukur dalam satuan Hz (Hertz) yang dapat menentukan banyaknya informasi yang dapat ditransmisikan dalam suatu saat.

B. Konsep Bandwidth
      Karena komputer saling bertukar informasi dengan mengirim dan menerima data, maka konsep bandwith internet dikategorikan sebagai berikut. 
      - Bandwidth Downlink (batas kecepatan download/unduh)
#Download identik dengan sebuah proses mengunduh (mengambil) data dari perangkat lain atau internet dalam wujud teks, gambar,pesan,video,dan lain lain komputer tujuan dengan menggunakan jaringan komputer atau internet.
- Bandwidth Uplink (batas kecepatan upload/unggah)
#Upload diterjemahkan sebagai proses mengunggah atau mengirim data berupa teks, pesan, gambar, video, dan lain lain menggunakan jaringan komputer atau internet.

Kuota internet diklasifikasikan menjadi dua jenis yaitu:
1) Internet unlimited (kuota speed/bandwidth)
Kuota speed membatasi kecepatan download atau upload saja tidak membatasi volume data yang bisa didownload/upload.
2) Unlimited speed (kuota volume base)
Unlimited speed (satuan Gb) identik dengan batas akumulasi total volume data yang bisa di

download (unduh) dari internet.

2. Pengertian Throughput
Troughput adalah bandwith yang relatis yang diukur dengan satuan waktu tertentu dan pada kondisi jaringan tertentu yang digunakan untuk mentransfer file dengan ukuran tertentu. Throughput tidak mungkin lebih besar dari bandwidth yang ditentukan, tetapi bisa lebih tetapi bisa lebih. Throughput identik dengan bandwidth yang sebenarnya (aktual)
Contohnya sebuah jaringan memiliki bandwidth 128 kbps, dan mendownload
file berukuran 200 KB. Secara teori, saya akan sampai ke komputer hanya dengan waktu 200:128 = 1,5625 detik. Akan tetapi yang terjadi hal tersebut sampai ke komputer dalam waktu 5 detik, dengan demikian yang sebenarnya adalah 200kb/5 detik = 40 kbps. Beberapa faktor yang memengaruhi besar kecilnya throughput pada saat mengirim dan menerima data lewat jaringan internet sebagai berikut:
a. Kualitas jaringan
Jaringan ISP yang digunakan adalah wireless, pada umumnya akan lebih sering trouble karena rawan terhadap gangguan sinyal dari perangkat lain (interferesi) serta gangguan alam yang menyebabkan sinyal yang lemah seperti terhalang pohon, gunung, gedung, hujan, dan lain-lain.
b. Jam sibuk
Ketika semua user aktif maka paket data menjadi antre dan bisa mendapat lebih dari yang ditentukan pada saat sedikit user yang aktif.
c. Malware
Malware bisa membelokkan trafik atau mengubah routing ke jaringan malware yang bersangkutan, sehingga perangkat komputer terasa lambat jika digunakan untuk mengakses internet.
d. Kecepatan uplink server
Server yang digunakan website besar selalu mengalokasikan uplink yang besar.


3. Kebutuhan bandwidth dalam jaringan
Faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi throughtput, diantaranya:
- topologi jaringan yang digunakan
- perangkat jaringan yang digunakan
tipe data yang ditransfer
- jumlah pengguna jaringan
- spesifikasi Komputer klien atau user
- spesifikasi komputer server
- induksi listrik maupun cuaca cuaca
4. Keragaman kebutuhan bandwidth

Perkembangan teknologi komunikasi satelit yang selalu dituntut untuk mampu memberikan layanan yang sifatnya broadband kepada pelanggan.
Oleh sebab itu, bandwidth lebih mengasah pada peta pada peta rute yang di lalui oleh koneksi

jaringan yang terhubung ke jaringan serta mewakili kapasitas koneksi jaringan.


SOAL PILGAN

1. suatu nilai konsumsi transfer data yang dihitung dalam bit per detik atau yang biasanya disebut dengan bit per second (bps) , antara server dan client dalam waktu tertentu adalah pengertian dari..
a. Bandwith
b.Troughput
c.Broadband
d.Voip
e.Server

2. jumlah atau volume sutu data (dalam satuan per detik (bps)) yang dapat dikirimkan melaui sebuah saluran komunikasi tanpa adanya distorsi adalah pengertian dari..
a.bandwith uplink
b.bandwith analog
c.bandwith digital
d.bandwith downlink
e.bandwith

3.Bandwidth Analog adalah..
a. proses mengunggah atau mengirim data berupa teks, pesan, gambar, video, dan lain lain               menggunakan jaringan komputer atau internet.
b. Server yang digunakan website besar selalu mengalokasikan uplink yang besar.
c. jumlah atau volume sutu data (dalam satuan per detik (bps)) yang dapat dikirimkan melaui sebuah saluran komunikasi tanpa adanya distorsi.
d. perbedaan antara frekuensi terendah dan frekuensi tertinggi dalam sebuah rentang frekuensi yang diukur dalam satuan Hz (Hertz) yang dapat menentukan banyaknya informasi yang dapat ditransmisikan dalam suatu saat.
e. perbedaan antara frekuensi terendah dan frekuensi tertinggi dalam sebuah rentang frekuensi yang diukur dalam satuan Hz (Hertz) yang dapat menentukan banyaknya informasi yang dapat ditransmisikan dalam suatu saat.

4    4. Faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi throughtput, diantaranya: kecuali.                               a.topologi jaringan yang digunakan
 b.perangkat jaringan yang digunakan
 c.tipe data yang ditransfer
 d.jumlah pengguna jaringan  
 e.Kualitas jaringan

5.faktor yang memengaruhi besar kecilnya throughput pada saat mengirim dan menerima data lewat jaringan internet yaitu..
a.Malware
b.tipe data yang ditransfer
c.jumlah pengguna jaringan
d.spesifikasi Komputer klien atau user
e.spesifikasi komputer server



SOAL ESSAY
11.      Sebutkan klasifikasi kuota internet!
22.      Jelaskan cara kerja internet unlimited!
33.      Apa perbedaan antara bandwith dan throughput?
44.      Bagaimana jika ukuran bandwith kecil?
55.      Faktor yang mempengaruhi besar kecilnya troughput pada saat mengirim dan menerima data lewat jaringan internet adalah ?


JAWABAN
11.      Internet unlimited (kuota speed/bandwith) dan unlimited speed (kuota volume base)
22.      Membatasi kecepatan download/upload dan tidak membatasi volume data yang bisa didownload/upload
33.      Bandwidth adalah kecepatan maksimum dalam transfer data, sedangkan throughput adalah kecepatan sebenarnya yang terjadi pada saat transfer data.
44.      Jika bandwith berukuran kecil maka kecepatan aksesnya juga kecil namun makin besar  bandwith maka kecepatan aksesnya makin besar.
55.      a. kualitas jaringan
b. jam sibuk
c. malware
d. kecepatan uplink server






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Struktur Kabel Fiber Optik , Pengertian , bagian-bagian , Kelebihan dan kekurangan

Tugas 40 soal TLJ beserta kunci jawaban